Reggae Riddims – Landasan Musik Reggae

Riddim biasanya terdiri dari garis bass yang menonjol dan pola drum unik tertentu dan benar-benar merupakan tulang punggung dari dub, reggae, lovers’ rock, ragga, root, dancehall, dll. Banyak riddim berasal dari lagu hit dan riddim membawa nama lagunya, misalnya hit I-Wayne tahun 2004 “Lava Ground” di Lava Ground Riddim. Atau, dalam beberapa kasus, riddim mengambil nama lagu paling populer yang direkam di dalamnya. Misalnya, Satta Massagana Riddim dinamai menurut lagu asli The Abyssinians “Satta Massagana”.

Kadang-kadang, seorang artis akan menyuarakan dua lagu yang sama sekali berbeda pada riddim yang sama. Dan sbobet. sangat umum bagi artis yang berbeda untuk menyuarakan riddims yang sama dengan lirik yang berbeda dan gaya vokal yang berbeda, mulai dari bernyanyi hingga bersulang. Misalnya, “Call On Me” dari Jah Cure, “Butterfly” dari Gyptian, dan “Reminiscing” dari Tanya Stephens, semuanya ada di Good Love Riddim tahun 2009 yang luar biasa. Keberhasilan sebuah riddim dinilai dari seberapa banyak artis yang “menyulap”nya, atau membuat interpretasi vokal mereka sendiri tentangnya. Penonton Jamaika akan menilai apakah lagu itu besar atau tidak dan, jika demikian, artis lain akan menulis lirik baru untuk “naik riddim”.

Mungkin ada lebih dari selusin riddim populer saat ini, tetapi biasanya hanya ada beberapa riddim “panas” pada waktu tertentu. Artis harus merekam lagu-lagu keren ini jika mereka ingin mendapatkan kesempatan yang lebih baik untuk memutar lagu mereka di ruang dansa atau di radio. Banyak kali tarian bahkan dibuat untuk menghormati riddim, seperti Pepperseed, atau Gully Creeper, atau siapa yang bisa melupakan tarian kemenangan pria tercepat di dunia Usain Bolt, “Nah Lingga”?!!

Riddim tidak selalu berasal dari reggae; beberapa lagu kontemporer urban mungkin juga menjadi riddims. Instrumental “Miss Independent” Ne-Yo telah menjadi riddim populer; banyak artis dancehall telah merekam lagu menggunakan trek tersebut. Lagu-lagu lain juga telah mengilhami riddim, seperti lagu George Michael “Faith, ” yang menjadi riddim dengan nama yang sama, dan “Snake” R. Kelly yang menjadi Baghdad Riddim.

Jenis-jenis riddim

Riddim berasal dari Afrika dan umumnya salah satu dari tiga jenis. Yang tertua, riddim “klasik”, menyediakan instrumental untuk dub, reggae akar dan rock kekasih (produser terkenal termasuk Sly & Robbie). Riddim “ragga” mendukung (atau digunakan untuk mendukung) lagu raggamuffin dan dancehall. Dan riddim “digital” (misalnya, Sleng Teng Riddim King Jammy) dibuat dengan komputer, synthesizer, dan mesin drum; dengan kata lain, mereka benar-benar riddims elektronik.

Munculnya teknologi mengubah seluruh bisnis. Anda tidak perlu lagi membayar waktu studio dan menyewa musisi! Ini membuka bisnis untuk generasi baru dari produser, musisi dan pemain. Saat ini, sebagian besar riddim yang mendukung dancehall dan Soca adalah digital. Riddim digital, bersama dengan jangkauan global dan popularitas ruang dansa, juga telah melahirkan penciptaan riddim yang semakin populer di luar Jamaika.

Versi

“Versioning” adalah istilah untuk mendaur ulang atau meremajakan riddims lama menggunakan komputer dan sampler, dan menyuarakannya dengan artis baru. Jamaika telah membuat versi sejak 1960-an. Beberapa dari riddim ini berusia puluhan tahun, banyak dari mereka berasal dari studio Kingston yang terkenal milik Clement “Coxsone” Dodd, Studio One. Beberapa teka-teki hebat keluar dari Studio One di tahun 60-an dan 70-an, dan Anda masih akan mendengarnya diversi dalam rotasi konstan oleh sistem suara hari ini.

Akan tetapi, pembuatan versi dapat menjadi kontroversial, karena banyak dari mereka yang memproduksi riddim klasik asli tidak pernah dibayar untuk riddim itu sendiri. Akan menyenangkan untuk mendapatkan beberapa “royalti”!! Tetapi seniman masa kini berpendapat bahwa mereka terinspirasi oleh karya klasik ini dan menghormatinya dengan membuat versi dan mempopulerkannya kembali. Banyak produsen Jamaika sangat bergantung pada versi meskipun, dalam dekade terakhir, kami melihat lebih sedikit praktik ini dengan ratusan riddim baru yang kreatif dirilis.

Ledakan ruang dansa dalam beberapa tahun terakhir menghasilkan banyak teka-teki baru yang hebat. Tetapi beberapa sudah diversi juga. The Unfinished Business Riddim, populer pada tahun 2008, adalah versi hit tahun 1998 Showtime Riddim. Jadi sepertinya orang tua tidak pernah mati!

Produser

Tentu saja, membuat riddim baru dan asli jauh lebih sulit daripada membuat versi lama! Berikut adalah beberapa produser riddim orisinal terbaik dari dulu & sekarang: Black Chiney (sound system, DJ, producer), Bobby “Digital B” Dixon (produser), Clement “Coxsone” Dodd (produced.

Leave a Reply

Your email address will not be published.